Saturday, January 2, 2016

Catatan Terima Kasih (1)

Tahun telah berganti. Tapi masih banyak hal di tahun sebelumnya yang belum bisa digantikan. Banyak hal..! Dan semester pun telah berganti, karena liburan telah usai.

Untuk saya pribadi, sepertinya saya tidak memiliki resolusi tahun baru seperti kebanyakan orang-orang. Ada semacam keyakinan kalau takaran waktu yang diciptakan manusia tidak sepenuhnya benar dan cocok. Mungkin karena terlalu banyak membaca buku filsafat atau apa... Seperti apakah waktu itu benar-benar ada jika seandainya bumi tidak berotasi, dan tidak berevolusi..??? just a thought...

Saya lebih pragmatis. Mungkin tepatnya lebih berpatokan pada kalender kegiatan saya pribadi. Karena manusialah yang seharusnya mengendalikan waktu. Bukan waktu yang memberi jatah mengenai apa-apa yang harus kita lakukan. Karena kalau seperti itu.. apa-apa yang ditargetkan oleh seseorang jika belum tercapai sampai di bulan Desember nanti, maka dia akan mati-matian mengejarnya. Memaksanya untuk terjadi, dengan artian asal terjadi saja. "Yang penting sudah kulakukan". Dan menurut saya, perkerjaan yang asal-asalan kurang bernilai.

Tapi karena tahun 2016 M ini bertepatan dengan pergantian semester. Dan karena saya seorang mahasiswa yang diharuskan mengikuti aturan kalender akademik kampus. Maka memang ada beberapa list yang telah ditargetkan untuk semester ini, paling tidak memenuhi tuntutan akademik. Salah satu di antaranya adalah selesai skripsi.

Iya.. selesai sekripsi. Ada beberapa opsi mengenai planning setelah skripsi. Tapi paling tidak setelahnya saya bisa pulang ke rumah dengan tenang. Karena beberapa hal di rumah telah banyak berubah setelah liburan kemarin. Beberapa hal yang sepertinya membutuhkankan keberadaan saya di antaranya.

Anyway.. Inilah kehidupan. Ada permulaan dan akhiran. Dan di antaranya kita terus berjalan. Salah satu filsafat hidup yang pernah saya dengar dari guru sekolah saya dulu, "The great start is good, but the great finish is better". Semoga bisa istiqomah...!

No comments:

Post a Comment