Tuesday, April 9, 2013

Kendalikan Dirimu

Ini akan menjadi sangat aneh, ketika ada kesempatan untuk memperkaya diri malah kita gunakan untuk bersenang-senang.

Contohnya begini, di sana ada dua pilihan: baik atau buruk. Manusia menurut nalurinya pasti akan memilih yang pertama (kebaikan) dan ini tidak mengherankan. Tetapi yang terjadi sekarang ini adalah sebaliknya. Korupsi baik atau buruk?? para koruptor pasti sudah mengetahui kalau korupsi adalah perbuatan yang sangat buruk. Dilihat dari segi manapun korupsi adalah perbuatan yang sangat tidak baik. Ini contoh untuk skala besar. Kalu kita ambil contoh dalam skala kecil saja, seperti malas atau rajin?? pilih mana ?? dan seterusnya ..........

Pengendalian diri. Itulah kuncinya. Kita harus menguasai diri kita sendiri dan kita harus menyadarinya. Berjalanlah seolah-olah kita melihat (dari belakang) diri kita ini sedang berjalan. Tanyakan pada diri kenapa melakukan hal ini? dan dibalik pertanyaan tersebut seharusnya harus ada jawabannya yang harus sudah diketahui.

Ada banyak hal yang bisa menjadikan manusia bijaksana dan dalam kehidupan itulah yang memang seharusnya harus terjadi. Tuhan telah sangat baik dengan memberikan penglihatan, pendengaran, perasaan, akal dan hati. Dengannya, beberapa peristiwa secara langsung maupun tidak bisa mengajarkan manusia untuk bijaksana, atau mengambil hikmahnya. Tapi sayangnya tidak banyak yang menyadarinya.

Meskipun hanya duduk, atau berdiri, membaca, menulis, berlari, dll. Semuanya bisa mengajarkan kebijaksanaan. Entah itu dari belakang, samping, depan, atas, atau bawah.

Aku sendiri masih terus mencarinya. Dan akan selalu.

No comments:

Post a Comment