Monday, April 15, 2013

Kebaikan

Ada banyak sekali pilihan dalam hidup. Dari yang kecil sampai yang besar. Dari yang mudah sampai yang sulit. Tapi sadarkah kita dengan pilihan-pilihan kecil dan sederhana dalam keseharian yang kelak akan merubah jalan hidup kita?

Antara berdiri beberapa menit lagi atau bergegas naik bus yang sudah dinanti-nanti, ini akan berpengaruh pada apa yang akan terjadi setelahnya. Ketika di dalam Bus bisa jadi untuk pilihan pertama bisa memperoleh tempat duduk yang hanya tinggal satu, dan atau untuk yang kedua bisa jadi ketika masuk ke dalam bus ada dua tempat kosong yang baru saja ditinggal pergi keluar oleh orang yang duduk sebelumnya sebelum kedatangan kita. Dan setelahnya, tentu akan ada banyak kejadian dan pengalaman yang berbeda. Di sana, kita tidak akan pernah tahu!

Berjalan di antara rak-rak buku di perpustakaan. Kapan berhenti di satu titik untuk mengambil sebuah buku atau melanjutkan pencarian buku yang lain. Atau bahkan ketika sudah mendapat satu buku tertentu, pilihan akan datang. Dari halaman berapakah untuk mulai membaca buku tersebut? Kata pengantar penulis dibaca atau tidak? Di halaman berapa berhenti untuk rehat? Kapan melanjutkan membaca? Dan lain-lain. Dan setiap apa yang didapat dari buku tersebut akan punya andil dengan apa yang terjadi setelahnya, dan setelahnya, dan setelahnya. Kita tidak akan pernah tahu!

Hal-hal kecil yang kita dapat, yang kita beri dan bagi, yang kita dapat lagi, dan kita bagikan lagi. Semuanya bersinergi untuk kelangsungan hidup Si Orang ini-yang melakukannya. Kita tidak akan pernah tahu. Kita tidak akan pernah tahu. Tapi yang jelas ada satu rumusan sederhana. Yaitu pilihan pada kebaikan akan dibalas kebaikan.

Bayangkan penduduk bumi yang kira-kira saat ini berjumlah 7 miliar setiap hari memilih untuk berbuat kebaikan, bahkan setiap detiknya! Mungkin hidup ini akan benar-benar menjadi pilihan yang baik .

No comments:

Post a Comment