Saturday, August 17, 2013

Hari Kemerdekaan

Sebenarnya aku tidak begitu perduli dengan siapa-siapa yang membaca tulisan ini ? itupun kalau ada yang membacanya. Yang aku lakukan di sini hanyalah membuat satu-dua tulisan yang ingin aku tulis. Yah...makanya seperti inilah bentuknya. Paling tidak untuk saat ini.

Hari ini adalah hari kemerdekaan bangsaku, Indonesia. Berarti umurnya sudah 2013-1945=68 tahun. Sudah cukup tualah dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain. Dulu seingatku, hari-hari di bulan Agustus penuh dengan nuansa dan suasana yang serba merah putih. Kalau bisa dibilang bahwa hari-hari itu adalah hari-hari pembuktian bahwa inilah Indonesia. Peringatan-peringatan akan kepahlawanan dan perngorbanan para pejuang kemerdekaan terus diulang-ulang di mana-mana. Lagu-lagu macam garuda pancasila, Indonesia Pusaka, dll yang aku tidak tahu judulnya beriringan dengan lagu-lagu tradisional menggambarkan keanekaragaman kekayaan bangsa ini. Itu menurut dulu di masa kecil. Sehingga terkadang di masa itu terlintas dipikiranku untuk berdiri tegak ikut berperang jika ada penjajah datang lagi atau bangsa lain datang memerangi Indonesiaku.

Tetapi sekarang, Aku tidak tahu pasti apa yang terjadi di luar sana. Menurutku sudah tidak seperti dulu lagi. Atau mungkin hari kemerdekaan tahun ini bertepatan dengan iringan hari Idul Fitri yang mungkin kalah gaung. Atau mungkin memang bangsa ini yang sudah lelah memperingati hari kemerdekaannya. atau Mungkin Akulah yang telah berubah, terlalu banyak yang keluar masuk kepala. Aku tidak tahu..?

Yang jelas bangsa ini sudah Dewasa atau bahkan tua untuk ukuran umur manusia. Seharusnya lebih dewasa rakyatnya, pemerintahannya, aparatnya, dll. Yah... inilah yang bisa dilakukan seorang yang bahkan belum bisa mendewasakan dirinya sendiri, 'Mengkritik dan mengkritik'. Tapi aku benar-benar berharap Bangsaku kelak akan menjadi bangsa besar. Bangsa besarpun masih terlalu luas kukira. Hmm.. tepatnya mungkin Bangsa Besar yang Baik. Aku Harap Indonesia kelak seperti itu.

No comments:

Post a Comment